HISTORY VISI & MISI FILOSOFI PENGHARGAAN PETA LOKASI KESEMPATAN KARIR
PENUNJANG MEDIS LAIN-LAIN

ARTIKEL UNTUK IBU, BAYI, ANAK DAN KELUARGA MELINDA HOSPITAL

Beberapa Hal dalam Memandikan Bayi

18-01-2010 diposkan oleh melindacare

Beberapa Hal dalam Memandikan Bayi

      Dengan usia bayi Anda yang belum genap satu bulan, memandikannya tidak jarang membuat kekhawatiran tersendiri. Beruntung jika Anda ditemani orangtua atau pengasuh berpengalaman dalam hal ini. Tapi jika tidak, apa saja yang mesti Anda perhatikan saat memandikan si buah hati ?

Bayi baru lahir

Beberapa hari setelah lahir, bayi Anda sudah siap dimandikan secara rutin, misalnya setiap pagi hari. Hal pertama yang mesti Anda perhatikan adalah soal lingkungan. Usahakan Anda memandikannya di tempat yang hangat dan sedikit luas, agar kenyamanan bayi dan Anda sendiri tidak terganggu ketika proses berlangsung.

Terkait kenyamanan bayi, jangan memandikannya dalam kondisi lapar atau mengantuk, karena akan menyulitkan Anda sendiri untuk menenangkannya. Kemudian, persiapkan segala sesuatu dalam jangkauan tangan Anda, agar tidak meninggalkannya dalam keadaan basah.

Basahi rambut bayi setiap Anda memandikannya, agar tidak terdapat keringat yang menempel atau kotoran lain yang tertinggal pada rambut. Hal ini juga berguna bagi bayi sendiri, karena ia akan terus mengingat kondisi bersih sehabis mandi. Bila perlu, lanjutkan dengan memotong kuku, membersihkan hidung, dan daun telinga bagian luar.

Bayi belum satu tahun

Dalam usia beberapa bulan, bayi umumnya senang dengan air. Terutama saat mereka sudah bisa duduk, memandikannya di ember menjadi hal menyenangkan memulai pagi hari. Jika air hangat yang digunakan tepat kehangatannya, mereka akan mulai belajar bermain air. Ini tentu akan menguntungkan Anda dalam memandikan.

Jika bayi enggan bermain air, bisa jadi karena air yang digunakan masih terlalu panas untuknya, sehingga ia tidak ingin berlama-lama dalam ember. Meski begitu, ada juga bayi yang tidak senang dimandikan. Untuk yang satu ini, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal :

  1. Jika ia tidak senang berada dalam ember, sebaiknya cukup menyeka dengan lap basah di luar ember, dan memasukkan ke dalam ember hanya untuk membilas sabun.
  2. Beberapa bagian yang jangan sampai luput saat menyeka adalah seputar mata, belakang telinga, leher ataupun lipatan kulit di leher, ketiak, dan pangkal paha. Jika perlu, gunakan lap terpisah untuk menyeka bagian-bagian tersebut.
  3. Setelah mandi, pastikan mengeringkan seluruh bagian tubuh dengan handuk, agar bayi tidak kedinginan karena masih ada bagian tubuhnya yang basah.
  4. Gunakan lap sedikit lembab atau kapas yang sedikit basah untuk membersihkan daun telinga bagian luar.
Komentar : Artikel Beberapa Hal dalam Memandikan Bayi
Belum Ada Komentar

Kirim Komentar Anda

Name

Email

Website


Maksimum Karakter

Security code :

16-04-2014 11:14:56