HISTORY VISI & MISI FILOSOFI PENGHARGAAN PETA LOKASI KESEMPATAN KARIR
PENUNJANG MEDIS LAIN-LAIN

ARTIKEL UNTUK IBU, BAYI, ANAK DAN KELUARGA MELINDA HOSPITAL

Berat Badan Si Kecil yang Susah Naik

10-04-2009 diposkan oleh melindacare

Berat Badan Si Kecil yang Susah Naik
Berat Badan Si Kecil yang Susah Naik

      Sebagai orang tua tentu khawatir melihat tubuh si buah hati yang lebih kurus dibanding bayi dan balita seusianya. Padahal, rasanya segala cara untuk menaikkan berat badan sudah dilakukan, tetapi tetap saja berat badan si kecil sulit sekali naik.

      Bila berat badan tidak naik sesuai standar yang ada, terutama pada bayi di bawah usia tiga tahun, haruslah kita cari penyebabnya. Tetapi yang perlu diingat, ada beberapa anak memang berperawakan kecil, dan bukan berarti dia kekurangan gizi. Pada usia di atas satu tahun, bila melihat kurva pertumbuhan anak normal memang akan ada perlambatan pertumbuhan yang ditandai dengan berat badan tak terlalu banyak naik.

      Kemungkinan lain selain keturunan adalah anak memiliki constitutional growth delay. Keadaan ini terjadi pada anak yang perawakannya kecil pada masa kanak-kanak dan sebelum pubertas. Tetapi mereka akan melesat pertumbuhannya saat pubertas nanti.

      Kebanyakan, berat badan anak tak naik karena memang mereka tak mendapat nutrisi cukup. Mungkin mereka terlalu banyak mengemil atau terlalu pemilih. Pastikan mereka mendapat makanan yang tinggi kalori dan kaya nutrisi.

      Pertama-tama Anda harus membiasakan anak dengan pola makan sehat.

      Jika dia berusia balita, biasakan anak rutin makan tiga kali sehari dengan tiga jenis cemilan tiap harinya. Tawarkan makanan tinggi kalori dan tambahkan lemak pada makanan si kecil seperti krim, mentega, margarin, minyak.

      Pada bayi yang masih minum susu formula, salah satu caranya adalah dengan menambahkan jumlah takaran susu agar lebih kental, namun konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.

      Kurangi minuman bercita rasa, pilihlah minuman yang tinggi kalori. Tambahkan menu daging-dagingan atau alternatifnya seperti keju atau kacang kedelai. Berikan makanan dan minuman suplemen bernutrisi tinggi. Berikan suplemen mineral dan vitamin.

      Terakhir, ciptakan suasana yang menyenangkan. Jangan memaksa anak sampai anak merasa stres jika waktu makan tiba. Anda tak bisa memaksa anak makan tetapi Anda bisa menawarkannya makanan yang kaya akan kalori. Cobalah untuk membuat makanan yang menarik dengan berbagai macam hiasan unik.

Komentar : Artikel Berat Badan Si Kecil yang Susah Naik
Belum Ada Komentar

Kirim Komentar Anda

Name

Email

Website


Maksimum Karakter

Security code :

16-04-2014 11:14:45