HISTORY VISI & MISI FILOSOFI PENGHARGAAN PETA LOKASI KESEMPATAN KARIR
PENUNJANG MEDIS LAIN-LAIN

ARTIKEL UNTUK IBU, BAYI, ANAK DAN KELUARGA MELINDA HOSPITAL

Cacing Tanah, Hewan Kecil dengan Khasiat Besar

03-11-2009 diposkan oleh melindacare

Cacing Tanah, Hewan Kecil dengan Khasiat Besar

      Kebanyakan orang merasa jijik pada hewan kecil berkulit licin berlendir seperti cacing tanah. Tapi tahukah Anda bahwa hewan kecil dan menjijikan seperti cacing tanah ternyata memiliki banyak khasiat. Banyak orang sembuh dari berbagai penyakit, tanpa efek samping setelah mereka mengkonsumsi ramuan ekstrak cacing tanah. Bahkan, tak sedikit produk kosmetik yang memanfaatkan bahan aktif yang terdapat pada cacing tanah sebagai substrat pelembut kulit, pelembab wajah, dan anti-infeksi.

      Cacing tanah ternyata tak hanya dimanfaatkan sebagai sebagai produk kosmetik saja, bahkan di negara Asia dan Afrika, cacing tanah yang telah dibersihkan dan dibelah kemudian dijemur hingga kering, mereka menjadikannya sebagai makanan obat (healing foods). Biasanya mereka membuatnya dengan cara disangrai atau digoreng kering, dan disantap sebagai keripik cacing. Hal ini diperkirakan dapat membantu menekan angka kematian akibat diare di negara-negara miskin Asia-Afrika.

      Ada dua jenis spesies cacing tanah yang terbukti berkhasiat, yaitu Lumbricus Rubellus (dikenal dengan cacing eropa atau introduksi) dan Pheretima Aspergillum (dikenal dengan nama cacing kalung atau dilong).

      Menurut beberapa penelitian para ahli bahwa cacing tanah mengandung kadar protein yang sangat tinggi, yaitu sekitar 76%, lebih tinggi dibandingkan dengan kadar protein yang terdapat pada daging mamalia (65%), ikan (50%) dan kacang kedelai yang hanya (45%). Cacing tanah juga mengandung 15 jenis asam amino esensial dengan kadar yang sangat tinggi. Zat ini biasa digunakan untuk menyempitkan atau melebarkan pembuluh darah. Penelitian lainnya menyebutkan, cacing tanah mengandung mineral dan sejumlah asam anorganik. Selain itu, binatang ini juga mengandung lumbrofebrin, lumbritin, terre strolumbrolysin, xanthine, adenine dan hypoxabthine.

      Berdasarkan beberapa sumber yang diperoleh dan juga pakar cacing menyatakan bahwa, terdapat banyak manfaat dan khasiat dari cacing tanah antara lain :

  • Terhadap sistem saraf (menyembuhkan typus, menghilangkan kejang, menurunkan panas, menghentikan nyeri).
  • Terhadap sistem kardiovaskular (menurunkan tekanan darah tinggi, menormalkan denyut jantung yang tidak teratur).
  • Terhadap sistem imunologi (meningkatkan daya tahan tubuh).
  • Terhadap sistem saluran pernafasan (sebagai bronchodilatator, menyembuhkan flu, batuk, asma, dan TBC).
  • Terhadap sirkulasi darah (mencegah pembentukan trombus, mencegah pembekuan darah, menghancurkan trombus, menurunkan kadar gula darah penderita diabetes).
  • Anti tumor (berasal dari ekstrak pheretima 912).
  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Mengobati infeksi saluran pencernaan seperti, disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag.
  • Mengurangi pegal-pegal akibat keletihan maupun akibat reumatik.
  • Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan sakit gigi.
Komentar : Artikel Cacing Tanah, Hewan Kecil dengan Khasiat Besar
Belum Ada Komentar

Kirim Komentar Anda

Name

Email

Website


Maksimum Karakter

Security code :

16-04-2014 14:13:41