HISTORY VISI & MISI FILOSOFI PENGHARGAAN PETA LOKASI KESEMPATAN KARIR
PENUNJANG MEDIS LAIN-LAIN

ARTIKEL UNTUK IBU, BAYI, ANAK DAN KELUARGA MELINDA HOSPITAL

Tingkah Laku Anak: Tips Hadapi Anak Ngambek

27-09-2011 diposkan oleh melindacare

Tingkah Laku Anak: Tips Hadapi Anak Ngambek

      Tingkah laku anak akan selalu Anda temui di hari-hari tumbuh kembangnya. Pernahkah Anda menghadapi anak yang ngambek? Hal ini mungkin sering Anda alami dan menemui berbagai tingkah lakunya yang membuat Anda pusing tentunya. Dan Anda akan merasa serba salah apa yang telah dilakukan untuknya. Untuk itu, Anda perlu mempunyai trik jitu dalam menghadapi buah hati yang memiliki berbagai tingkah laku yang terkadang juga bisa membuat Anda jengkel.

Berikut beberapa trik dalam menghadapi tingkah laku anak agar menjaga emosinya tetap terkendali :

  1. Berikan penjelasan dengan alasan
  2. Seorang anak tentu akan meminta penjelasan pada Anda ketika ia tidak mendapatkan apa yang ia inginkan. Namun, Anda perlu menjawab pertanyaannya dan jangan menghindarinya. Berikan penjelasan yang dapat ia mengerti dengan bahasa Anda dan anak yang tentunya sudah ia mengerti dengan baik.
  3. Tegas terhadap anak
  4. Saat anak sedang merengek-rengek dan sambil berguling-guling atau ia diam tidak mau bicara pada Anda karena keinginannya tak terpenuhi, jangan Anda manjakan. Cobalah untuk mendiamkannya sejenak. Ibu dan ayah harus sama-sama kompak untuk tidak memberikan apa yang ia inginkan, dan salah satu dari ibu dan ayah jangan merasa iba karena melihat ia terus merengek. Tetaplah konsisten dan tegas terhadap keputusan yang Anda berdua buat, agar anak tidak semakin memberontak.
  5. Jelaskan kembali
  6. Bila anak tidak mendapatkan nilai yang bagus, coba tanyakan untuk ia menjelaskannya kembali mengapa hal tersebut bisa terjadi. Cari waktu yang tepat untuk mengajak anak mengrobrol, dan yang terpenting di saat suasana hatinya sedang baik. Dengan begitu, ia akan lebih mudah menerima masukkan dari Anda dan tidak mengulangi hal yang sama.
  7. Jangan terlalu menuruti keinginan anak
  8. Kurangi segala keinginan anak yang selalu membuatnya manja. Dengan memberikan semua apa yang anak inginkan tidak dapat menjadikan ia anak yang penurut atau bahkan mendidiknya. Bukan membuat anak semakin terdidik, tetapi bisa menjerumuskan anak. Sebagai orangtua, Anda tidak perlu menunjukkan sayang dengan memberikan semua keinginannya. Tetapi cukup dengan memberikan perhatian yang lebih saat mereka membutuhkan Anda dan tentunya bermanfaat bagi sang anak.

    Penting untuk Anda ketahui sebagai orangtua, yaitu :

    1. Saat tingkah laku anak sudah mulai membuat Anda kesal, cobalah untuk selalu menerapkan teknik relaksasi dengan bernafas panjang. Dengan menunggunakan cara ini cukup membantu Anda untuk menahan emosi yang naik saat menghadapi si kecil yang sedang rewel.
    2. Apa yang Anda jelaskan mengenai sikap yang tidak disukai dan tidak Anda inginkan, belum tentu dimengerti oleh si kecil. Jangan samakan anak yang masih belum cukup umur untuk mengerti penjelasan Anda. Berikan pengertian dan penjelasan yang lebih mendalam jika anak bertanya mengapa hal yang diinginkannya tidak terpenuhi.
    3. Jika si kecil mendadak ngambek dan bersikap tidak seperti biasanya, pastikan kembali bahwa apa yang ia lakukan seperti itu diperolehnya dari luar rumah, seperti teman-teman sebayanya atau bahkan dari televisi. Untuk itu, Anda perlu kembali memberikan pengertian padanya bahwa apa yang ia lakukan adalah tidak baik.
    4. Agar Anda benar-benar paham dengan perkembangan sang anak, maka pengetahuan Anda pun perlu ditambah untuk lebih memahami apa yang diinginkan, serta bagaimana pola tingkah laku anak yang wajar dan tidak. Ini semua Anda lakukan demi menjaga perkembangan anak lebih baik kedepannya.

    Tingkah laku anak tentu akan Anda temui setiap hari dalam masa tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, selalu berilah contoh yang baik dan tidak selalu menuruti keinginannya. Dengan selalu Anda menuruti keinginannya, maka anak akan terbiasa hidup dimanja dan tidak mandiri. Biasakan untuk selalu memberikan pengertian padanya ketika apa yang ia minta tidak Anda berikan atau wujudkan, agar anak bisa mengerti apa yang Anda kehendaki.

Komentar : Artikel Tingkah Laku Anak: Tips Hadapi Anak Ngambek
Belum Ada Komentar

Kirim Komentar Anda

Name

Email

Website


Maksimum Karakter

Security code :

16-04-2014 14:13:49