HISTORY VISI & MISI FILOSOFI PENGHARGAAN PETA LOKASI KESEMPATAN KARIR
PENUNJANG MEDIS LAIN-LAIN

INFO BERITA TERBARU MELINDA HOSPITAL

 
 

Melinda Hospital Berhasil Lakukan Proses Bayi Tabung dengan Sperma Nol


2-April-2011
 
 
Melinda Hospital Berhasil Lakukan Proses Bayi Tabung dengan Sperma Nol

      Melinda Hospital berhasil melakukan proses IVF (In Vitro Fertilization) atau yang disebut juga dengan bayi tabung terhadap pasangan yang berusia kurang lebih 30 tahun. Dan program bayi tabung tersebut dinyatakan berhasil.

      Sampai pada akhirnya, Jumat, 1 April 2011, lahirlah seorang bayi perempuan mungil yang lahir secara caesar dengan panjang lebih dari 47 cm dan berat lebih dari 2,5 kg. Menurut Direktur Melinda Hospital, dr. Susan Melinda, bayi tabung ini lahir dengan cara yang istimewa dan berbeda yang dihasilkan dari kelainan pada sperma sang ayah yaitu Azoospermia (sperma nol dari hasil analisis sperma). Sedangkan sang ibu menderita Antiphospholipid Syndrome atau adanya kekentalan darah berlebih.

      Azoospermia terdapat dua tipe, yaitu tipe Obstruksi (sumbatan pada saluran atau gangguan ejakulasi) dan Non-Obstruksi (kemungkinana karena hormonal atau kelainan pada testis/ buah zakar). Dan setelah didapatkan hasilnya, kondisi sang ayah menderita Azoospermia tipe Non-Obstruksi atau dengan kata lain sperma nol. Pada kondisi ini lebih sulit memiliki anak jika dibandingkan dengan kondisi Obstruksi, tetapi tetap pada penderita Azoospermia akan sulit mendapat keturunan. Namun, saat pasangan tersebut melakukan konsultasi dengan dokter ahli, mereka tetap ingin mencoba walaupun angka keberhasilannya kurang dari 10 persen.

      Sebelumnya, pada sang ayah dilakukan TESE (Testicular Sperm Extraction) sekitar 10 bulan lalu yang dilakukan oleh dokter ahli urologi. Hasilnya didapatkan sperma dengan kualitas sangat kurang (poor quality), dan kemudian sperma tersebut dibekukan (freezing) terlebih dahulu.

      Adapun para tim dokter yang menangani proses bayi tabung tersebut adalah dr. Susan Melinda, Sp. OG, dr. Julius T. Pangayoman, SpOG, Dr. Tita Husnitawati, SpOG, dr. Aaron Tigor Sihombing, SpU, dan Rini Widyastuti, Embriologist.

      Di akhir penjelasannya, dr. Susan Melinda menyatakan, suatu keberhasilan program bayi tabung dengan sperma nol atau azoospermia non-obstruksi pun telah membuktikan bahwa sperma yang sangat minim sekalipun tetap bisa menghasilkan sebuah embrio. Dan diharapkan dengan adanya kasus seperti ini dapat membantu dan memberikan pencerahan serta semangat bagi para pasangan suami-istri yang bermasalah dengan proses reproduksinya.



Index Berita >>

Logo Melinda Hospital

Melinda Hospital